Beranda · Cerita · Tutorial · Fanspage

Maulid nabi besar Muhammad SAW || Pidato Bahasa Indonesia & Bahasa Araf

Assalamualaikum Sobat semua, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah Pidato Bahasa Indonesia yang sudah di lengkapi dengan translatenya ke dalam bahasa Araf yang berjudul Maulid nabi besar Muhammad SAW.


Sebelumnya Saya mengucapkan Terima kasih kepada Ayahanda Drs. Borkat Lubis yang telah menyumbangkan pemikirannya sehingga tercipta pidato yang bertema Maulid nabi besar Muhammad SAW. Serta Terima Kasih Juga kepada Saudara kita Musthopa Husin & Bobi Gusminto yang telah menerjemahkan Pidato ini kedalam Bahasa Araf.

Maulid nabi besar Muhammad SAW
Maulid nabi besar Muhammad SAW


                                                  Maulid nabi besar Muhammad SAW

Syukur alhamdulillah marilah sama-sama kita ucapkan kehadirat Alloh SWT , diiringi dengan selawat dan salam buat junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, dengan ucapan Allohumma sholli ala sayyidina Muhammad .

Yang saya muliakan , Bapak Kepala MTsN Sei beremas bersama Kepala-kepala Madrasah dan Majilis Guru se KKM MTs N Sei Beremas,  yang saya hormati para dewan juri . dan yang saya sayangi teman-teman seperjuangan didalam menuntut ilmu , teman tertawa dikala suka, teman menangis dikala duka.
Umumnya yang saya hormati kaum Muslimin dan kaum muslimat yang dapat hadir pada kesempatan yang berbahagia ini.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba menyampaikan ceramah singkat tentang hikmah memperingati Maulid nabi besar Muhammad SAW.
Apabila kita membuka lembaran sejarah perjuangan kehidupan Rosululloh , kita akan mengetahui bahwa Rosululloh itu adalah seorang manusia yang berperibadi luhur , yang menjadikan akhlak mulia sebagai senjata didalam setiap perjuangannya, baik didalam menghadapi keluarga ,menghadapi masyarakat, apalagi didalam mengemban tugasnya sebagai khotamul ambiyak walmursalin . Pantas beliau disebut sebagai suri teladan dalam kehidupan , yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia melalui perbaikan akhlak dan budi perkerti , sebagaimana hadits beliau yang berbunyi :


Hanya sanya saya diutus untuk memperbaiki budi pekerti ummat manusia.

Bapak-Bapak dan ibuk-ibuk sidang jamaah yang berbahagia

Didalam memperingati kelahiran nabi besar Muammad SAW ini , tentu kita akan membicarakan akhlak ummat manusia pada saman sekarang , masihkah sesuai dengan yang diajarkan oleh nabi , ataukah  sudah bergeser dari rel nya.
Barangkali dalam hal ini kita sependapat , bahwa akhlak sebahagian besar ummat manusia pada saat ini . sudah jauh melenceng dari ajaran Islam.
Buktinya , dimana-mana sering kita dengar terjadinya pelanggaran bahkan pelecehan terhadap ajaran agama, narkoba, mabuk-mabukan dan judi dianggab sebagai kebanggaan, kebebasan muda-mudi. selingkuh dianggab sebagai kebiasaan, korupsi, manipulasi bukan lagi hal yang memalukan , meninggalkan perintah agama bukan lagi hal yang menakutkan . Sehingga kadang kita bertanya . dosa apa lagi yang tidak dilakukan oleh ummat manusia ?  kalau memang begini kenyataannya , tentu tidak mengherankan lagi , terjadinya bencana dimana-mana, mulai dari gempa bumi, banjir, gunung  meletus , kebakaran hutan dan sebagainya .

Kenapa demikian ? kalau para ilmuwan mengatakan itu semua adalah bencana alam . kita ummat Islam menjawab dengan ayat Al-Qur’an :


Bertebaran bencana di muka bumi ini ulah perbuatan ummat manusia.

Kalau begitu , apalagi cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari bencana tersebut ? jawabnya tidak lain adalah kembali kepada ajaran Islam , memperbanyak istigfar dan bertaubat kepada YMK.
Dari itu , dengan memperingati maulid nabi ini , mari kita sama-sama mengintrospeksi diri, apakah sudah ada tingkah laku kita yang bertentangan dengan ketentuan ajaran agama , andainya ada mari kita berusaha untuk meninggalkannya , serta berusaha pula untuk memperbanyak kebaikan dimasa yang akan datang , agar dengan dengan demikian kiranya bencana dan mala petaka terhindar dari kehidupan kita , dan semoga kebahagiaan senantiasa bersama kita .

Demikian saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini dan sebagai kesimpulan, mari kita hiasi diri kita dengan akhlak mulia serta mari kita isi hidup ini dengn memperbanyak istigfar dan taubat kepada YMK. 

Akhirnya terima kasih atas segala perhatian , dan saya akhiri dengan :
Wassalam.................


Teks Arab::::::::::::::::::::::::::::::::
نحمد ونشكر لوجود الله سبحانه وتعالى وترافقه الصلاة والسلام والتحية لسيدنا النبي العظيم محمد ص.م. بالقول: اللهم......
فاضلة: رئيس مدرسة سونجي بيريماس الإسلامية الحكومية وجميع رؤساء والمعلمين لكل مدارس دينية حاضرين في هذا اليوم المبارك والمكان المشترك إن شاء الله.
فاضلة: أيها الحكماء العادلون الكرام وجميع أصدقائي فى الدراسة.
فاضلة: معشر المسلمين والمسلمات الذين يحضرون في هذه الفرصة السعيدة.
في هذه الفرصة السامنة سأقدم لكم محاضرة موجزة تحت الموضوع: حكمة احتفال بذكرى ميلاد الرسول الأعظم محمد ص.م.
عندما نفتح صفحات التاريخ عن السيرة النبوية سنعرف أنه كان رسول الله ص.م. البشر له الشخصية النبيلة والذي يجعل حسن الخلق كسلاح في أي صراع سواء لمواجهة الأسرة وخاصة في تنفيذ واجباته وبصفه خاتم الأنبياء والمرسلين. لاعجب كان يسمى باعتبارها نموذجا يحتذى به فى الحياة أو أسوة حسنة وقدوة قوية. والذي يتمسك كرامة الإنسان بخلال تحسين الطبيعة والأخلاق الإنسانية، كما قوله ص.م.:
إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق.
الحاضرون والحاضرات الكرام رحمكم الله.
في احتفال بذكرى ميلاد الرسول الأعظم محمد ص.م. بطبيعة الحال سوف نتكلم عن أخلاق البشر في عصرنا الحاضر، أهم ثابتون في ملة رسول الله أم هم ينقلون منها؟
ربما في هذه الحالة نتفق أن الجزء الأكبر من الأخلاق البشرية في هذا اليوم قد انحرفوا بعيدا عن تعاليم الإسلام.
والدليل، في كل مكان الأن نسمع انتهاك حتى الإساءة إلى الدين: المخدرات والسكر والميسر كالكبرياء والحرية للشباب كالعادة من الغش والفساد والتلاعب ليس من مخجل وترك النظام الديني ليس من مخيف حتى يظهر منا السؤل أي ذنب الذي لم يعمله البشر؟ إذا كان هو الحال فى الواقع هو بالتأكيد ليس من المستغرب والكوارث في كل مكان من الزلازل والفيضانات والبراكين وحرائق الغابات وغيرها.
ما يسببها؟ لو قال العلماء أنها من جميع الكوارث الطبيعية نحن كأمة المسلمين نقول مع القرآن:
ظهر الفساد فى البر والبحر بما كسبت أيدى الناس.
لو هكذا فما بالك كيف يمكننا القيام به لتجنب هذه الكوارث ؟ فجوابه برجوع إلى تعاليم الإسلام، يتكاثر الاستغفار والتوبة إلى الله عز وجل.
وعلاوة على ذلك، بخلال احتفال بذكرى ميلاد الرسول هيا بنا مع قدرتنا ألى تركها. ومحاولة أيضا لمضاعفة الخير فى المستقبل، لعل من أجله سوف تجنب الدمار الذي لم يسبق له مثيل على نطاق واسع من حياتنا ولعلنا من الناجحين والمفلحين في حياتنا الدنيا والأخرة.
كيف هنا محاضرتي في هذه الفرصة المباركة والخلاصة منها هيا نزين أنفسنا وحياتنا بشخصية نبيلة ونملاء هذه الحياة بتكاثر الاستغفار والتوبة إلى الله.
وأخيرا أشكركم على الاهتمام وأطلب منكم العفو من الخطايا والأرسام.

بادنج، 9 ديسمبير 2015
المترجم
عبد الحقير الفقير الراجي رحمة الله وغفرانه بوبي جسمنتو الملايوي البسامني البركتي

 Sekian artikel Pidato kali ini, Tunggu Postingan Pidato berikutnya..

Untuk sobat-sobat yang ingin meng-copy Pidato ini, Jangan lupa menyertakan Link Penerbit..
 Dan untuk teman-teman Alumni Al-Barkah yang punya Pidato, dan ingin di Pos-kan ke Blog ini, Silahkan teman-teman kirim ke E-mail Saya abduhstory@gmail.com

Terima Kasih telah berkunjung, Sampai Jumpa di Artikel berikutnya...

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Maulid nabi besar Muhammad SAW || Pidato Bahasa Indonesia & Bahasa Araf"

Posting Komentar